Sabtu, 07 Januari 2017

Visa Korea Kedua gue

meski udah banyak info soal VISA KOREA, namun boleh dong gue share pengalaman 

jadi ini kedua kalinya gue mengurus visa, dua-duanya saya urus secara mandiri alias tanpa menggunakan jasa travel agent,
visa pertama gue lolos dengan paspor gue yang masih kosong, sedikit cerita mengenai kondisi gue yang masih pelajar, nyokap gue yang melanjutkan usaha bokap setelah beliau meninggal, namun kami belum mengurus ulang urusan pajak dan sekarang SPT adalah hal yang wajib bagi yang ingin mengurus visa korea, berbekal informasi dari google,grup facebook, dan informasi dari pihak kedubes, maka tanggal 14 November 2016 gue beranikan diri mengurus visa korea gue.

Berikut dokumen yang gue lampirkan:
1. form aplikasi visa, yang gue isi sejujur2nya
2. paspor dan fotokopi paspor bagian informasi data pribadi, cap stempel visa, dan halaman belakang paspor, fyi paspor saya hanya berisi visa korea tahun 2013 (jujur itu yang membuat gue agak pede dan sedikit tenang)
2. pas foto 3,5x4,5 (ukuran 4x6 juga diterima), latar belakang putih,jangan diedit2.
3. surat keterangan mahasiswa aktif dalam bahasa inggris ini bisa minta di kampus masing2.
4. surat izin orang tua dalam bahasa inggris dan bermaterai 6rb jangan lupa ditandatangani oleh orang tua yang isinya bilang kalo ortu lo ijinin lo pergi ke korea.
5. surat keterangan tidak mempunyai SPT (dalam bahasa inggris, dan menerangkan alasan gue ke korea ngapain, dan kenapa gue tidak ada SPT, dan ditanda tangani di atas materai 6rb oleh gue pribadi)
6. fotokopi KK, AKTA LAHIR, KTP, Kartu mahasiswa, namun gue lampirkan juga kartu aktivitas kuliah gue juga.
7. rekening koran 3 bulan milik gue
8. rekening koran 3 bulan milik nyokap
9. surat referensi bank BRI nyokap 
10. surat referensi bank mandiri milik gue
11. fotocopy surat kematian bokap
12. print out semua tiket pesawat 
13. print out bukti booking hostel
14. berdoa 

tepat tanggal 14 november gue jalan kedubes sehabis kuliah, sampai sana dapat antrian nomor 12, selang 15 menit nomor urut saya dipanggil, gue langsung memberikan dokumen sambil menyapa petugas. 

pada saat di loket gue ada interview singkat mengenai "ke korea sama siapa?" "kok berani sendirian, kuliahnya gmn? udah libur ya?" gue jawab dengan mantap dan tegas mengenai tujuan gue, setelah membayar gue diinfokan bahwa pengambilan visa gue diperkirakan keluar tanggal 18 nov 16, dan dapat dicek online di www.visa.go.kr , biaya pembuatan visa 544rb untuk single visa.

hari hari berlalu dengan rasa deg2an karena gue lumayan takut visa ketolak, walaupun agak tenang karena sudah pernah mengajukan visa korea sebelumnya, namun menurut gue sekarang memang lagi diperketat, tapi staff kedubes cukup membantu dan sangat baik menjawab setiap pertanyaan gue di telepon.

seminggu nunggu visa kelar bikin gue gak fokus ngapa2in, kepikiran kalo visa ketolak gimana, secara ini gue persiapin pake dana pribadi gue sendiri. 

Tanggal 18 jam 9 pagi gue cek via website dan masih "Application Received" , jam 11an status aplikasih berubah jadi "Under Review" karena penasaran jadi gue telpon ke kedutaan, dan staff kedutaan menurut gue ramah dan oke banget karena menurut dia berarti dokumen aplikasinya masih ada di meja konsular, dan berarti dokumen lagi di review sama pihak konsularnya, jadi ya memang urusan visa diterima atau enggak murni keputusan konsular, gabisa nyalahin staffnya atau travel agent juga. 
1 jam kemudian gue cek lagi status aplikasi visa gue berubah jadi "APPROVED" !!!
waktu gue cek gue lagi di sekre ukm gue, ga kebayang betapa senengnya visa gue lolos hahaha, got my second visaaaaaa :) 

Karena pengambilan visa jam 2 siang maka gue jam 1.30 menuju kedutaan korea dari kampus (enaknya kampus deket sama kedutaan), jam 2 kurang sampai ke kedutaan, sampai sana security check, masuk ke gedung konsular yang diapit diantara kedutaan korea dan Rs.Medistra. 
Masuk ke ruangannya buset ramenya udah bebangetan, kursi tunggunya hampir full dan untungnya dapet tempat duduk, lalu gue taro kwitansi visa gue ke staffnya, dan tunggu nama kita dipanggil buat ambil paspor, sekitar 30-40menit kemudian nama gue dipanggil, dan gue dapet visa yang c-3-9 dengan masa tinggal 30 hari.

jadi menurut gue, visa itu akan lolos asalkan lo bisa yakinin pihak kedutaan kalau lo ga akan jadi imigran gelap, dan akan balik ke negara asal lo, rata2 penyebab visa ditolak ya keuangan lo yang gak stabil, atau menurut pihak kedutaan lo ga ada keterikatan yang jelas sama negara ini jadi bakal jadi imigran gelap (ini semua segala kemungkinan loh).

dan satu lagi pake jasa travel agent juga gak menjamin visa lo lolos, secara semua keputusan adanya di pihak konsular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar